Apa itu Google Cache? Kenali Fungsi dan Kegunaannya

jurnal firman
By -
Apa itu Google Cache? Kenali Fungsi dan Kegunaannya

Pernah mendengar google cache? Kalau belum pernah, coba deh kamu lakukan pencarian dengan cara begini. Ketik "site:infosia.my.id", tanpa tanda petik ya. Terus enter atau klik tombol Cari (Search). Tidak beberapa lama akan muncul hasil pencarian. Kalau dicermati, bisa kamu lihat kalau hasil pencariannya semua URL menunjukkan ke alamat http://infosia.my.id/...

Artinya, semua yang ditampilkan adalah konten yang ada pada situs infosia.my.id. Dan di atas sendiri, kalau kamu lihat hasil pencarian menggunakan mode desktop menunjukkan berapa angka hasil pencarian. Angka tersebut menunjukkan berapa banyak halaman yang sudah diindex oleh Google.

Yang dimaksud diindex oleh Google adalah Google akan menyimpan halaman artikel kamu kemudian membacanya dan menyortir halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang berhasil ditemukan.

Nantinya, ketika ada yang mencari kata kunci tersebut, Google akan menampilkan cuplikan dari halamanmu yang memiliki relevansi dengan kata kunci itu. Sehingga, jika ada pengunjung yang tertarik dengan cuplikan dan judul artikelmu, mereka akan mendatangi blogmu dan membaca artikelmu.

Dari sini kamu bisa menyimpulkan, jika halamanmu belum terindex oleh Google, maka sampai kapan pun, tidak akan ada pengunjung yang membaca artikelmu dari pencarian Google.

Apakah Harus Artikel Muncul di Pencarian Google?

Saat ini pengguna internet, masih menggunakan mesin pencari untuk mencari segala sesuatu di internet. Sehingga pengunjung terbanyak hanya bisa kamu dapatkan dari sumber mesin pencari seperti Google.

Pengunjung disebut juga visitor. Pengunjung yang mengunjungi website disebut traffic. Traffic yang berasal dari mesin pencari disebut Traffic organik. Dan parameter makin tinggi traffic organik sama artinya dengan memberitahu Google kalau artikelmu berkualitas dan memiliki manfaat untuk mereka yang mencarinya.

Bagaimana Cara Agar Website Terindex oleh Google

Cepat atau lambat website atau artikelmu akan terindex oleh user. Namun seberapa cepat menunggu robot Google datang untuk mengindex artikelmu memang tidak bisa kita ketahui pastinya. Namun kita bisa memaksa Google dengan memberitahunya kalau ada artikel yang butuh diindex.

Cara memberitahu Google agar segera mengindex halaman baru kita, dengan menggunakan sebuah tools yang sudah disediakan Google bernama Google Search Console. Di tools yang satu ini, kamu bisa mendaftarkan URL artikel barumu setelah artikel tersebut kamu publish. Tidak cuman artikel baru, artikel lama yang memiliki perubahan pada badan artikel, juga bisa kamu daftarkan pula di Google Search Console.

Artikel Sudah Didaftarkan Google Search Console tapi Tidak Muncul di Pencarian

Terkadang kondisi tersebut sering terjadi. Kamu bisa melihat di laporan yang disediakan Google Search Console. Disitu akan diberitahu kesalahan yang terjadi ketika Google berusaha mengindex halaman artikelmu. Jika kamu bisa memperbaikinya, maka segera perbaiki dan lakukan validasi ulang. Namun jika kamu tidak merasa perlu memperbaikinya, lakukan validasi ulang dan Google akan memperbaikinya sendiri.

Namun saat kamu cek di Google Search Console dan ternyata artikelmu belum muncul di pencarian, maka tunggulah beberapa hari, karena biasanya itu terjadi karena adanya delay dimana index Google harus disinkronkan ke seluruh server Google di seluruh dunia. Lakukan cek secara berkala, dan jika masih belum muncul juga, kamu bisa melakukan Request index kembali.

Baca Juga:

Tags: