Apa itu Page Rank, dan Pengaruhnya dengan SEO

jurnal firman
By -

Page Rank merupakan istilah yang pernah populer ketika awal kemunculan mesin pencari Google. Page Rank sendiri adalah algoritma yang mendasari bagaimana suatu halaman muncul di pencarian Google.

Pada saat itu Google memperkenalkan bagaimana cara kerja algoritma pencarian miliknya ke publik. Dimana algoritma ini sederhananya adalah mengukur seberapa penting suatu tautan pada suatu halaman tetentu, dirujuk oleh halaman lain entah itu dari website yang sama maupun website luar.

Jika sebuah website yang memiliki Page Rank besar, merujuk sebuah halaman website lain, diasumsikan halaman tersebut dianggap penting sehingga layak untuk dianggap relevan pada suatu kata kunci.

Algoritma Page Rank menjadi andalan Google sehingga ia bisa memimpin pasar dalam kategori mesin pencari. Kala itu Yahoo dan Altavista yang sudah lebih dulu hadir, dibuat bertekuk lutut dengan kiprah mesin pencari Google.

Google pernah meluncurkan toolbar untuk mengecek Page Rank suatu halaman website. Sejak saat itu para internet marketer menggunakan toolbar tersebut untuk menaikkan Page Rank website miliknya dengan tujuan untuk memperbesar konversi penjualan.

Selain Page Rank, anchor text juga menjadi fokus para internet marketer, dikarenakan banyak yang mempercayai anchor text dipakai sebagai kata kunci yang digunakan oleh library google.

Anchor text adalah tulisan yang disorot untuk dipasangkan sebuah link entah itu ke halaman lain di website yang sama (inbound link), ataupun ke halaman keluar ke website lain (outbound link).

Sayangnya 2 metrik tersebut sering disalahgunakan oleh pengguna di internet khususnya pemilik website, untuk berkompetisi agar muncul di halaman pencarian. Banyak situs-situs spam dibuat untuk membangun Page Rank ke situs tertentu. Bahkan beberapa pihak memperjual-belikan websitenya yang memiliki Page Rank tinggi.

Akhirnya Google mencabut toolbar Google Page Rank, dan melakukan perombakan algoritma, agar bisa memberikan pengalaman terbaik bagi siapapun yang menggunakan mesin pencari miliknya.

Google pun tidak mengumumkan bagaimana cara kerja algoritma terbarunya yang setiap saat dilakukan pembaharuan. Namun Google memberitahu saat ini algoritma mesin pencari miliknya tidak hanya mengukur 2 metrik saja, melainkan ada 200 metrik yang mempengaruhi bagaimana sebuah halaman bisa nangkring di pejwan atau halaman satu hasil pencarian.

Tentunya, perubahan ini menjadikan perubahan radikal ke semua pemilik website. Mereka berlomba-lomba untuk memenuhi ke 200 metrik tersebut agar bisa menarik pengunjung ke websitenya dari halaman pencarian Google.

Saat ini orang sudah tidak membicarakan Page Rank, namun platform tools SEO seperti ahref dan semrush masih melihat Page Rank tetap menjadi metrik penting untuk menaikkan posisi suatu website di hasil pencarian.

Baca Juga:

Tags: