Sistem Operasi adalah, Pengertian dan Macamnya

jurnal firman
By -
Sistem Operasi adalah, Pengertian dan Macamnya

Jika kita mengenal Windows maka kita juga mengenal yang namanya sistem operasi. Melansir dari jurnal firman, sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur semua perangkat yang terhubung dengan CPU.

Apakah Sistem Operasi hanya Windows Saja?

Sistem Operasi yang populer memang Windows yang dikembangkan oleh Microsoft. Namun sebenarnya ada sistem operasi lainnya yang tak kalah populer. Berikut mimin rangkum untuk kamu.

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux merupakan sistem operasi yang memiliki lisensi bebas untuk digunakan. Sistem Operasi Linux tidak memiliki pengembang terpusat seperti Microsoft dengan Windowsnya.

Linux dikembangkan oleh banyak orang di seluruh dunia yang tertarik dengan semangat kebebasan. Karena dikembangkan oleh banyak orang, kecepatan Linux mendapatkan perbaikan saat terjadi error ataupun adanya isu celah keamanan, relatif lebih cepat tertangani dibandingkan sistem operasi Windows.

Namun sayangnya, isu kompatibilitas terhadap perangkat luar, menjadi masalah yang selalu membuat Linux kurang populer dibandingkan Windows. Hal tersebut wajar terjadi, karena Windows bekerja sama dengan berbagai perusahaan perangkat pelengkap komputer, untuk tidak mempublikasikan arsitekturnya keluar. 

Inilah yang menyebabkan pengembang Linux tidak memiliki referensi untuk membuat Linux bisa membaca perangkat-perangkat luar tersebut, sampai dikemudian hari, perusahaan pemilik lisensi perangkat keras tersebut membuka dokumentasi arsitektur perangkat tersebut karena suatu alasan, seperti kerja sama mereka sudah berakhir, atau adanya versi terbaru dari perangkat lainnya.

Linux memiliki banyak distro. Distro ini semacam installer, dimana banyak komunitas yang membuat installer untuk suatu alasan, seperti memperkenalkan komunitasnya, ataupun tujuan lainnya. Setiap bundle Distro memiliki aplikasi bawaan sendiri-sendiri. Analoginya sama seperti kalau kita beli smartphone Android Xiaomi, Realme, Samsung. Sama-sama andrioid, tapi didalamnya memiliki bundling aplikasi yang berbeda-beda.

Sistem Operasi iOS

iOS adalah sistem operasi yang dikembangkan secara eksklusif oleh Apple. Disebut eksklusif karena sistem operasi tersebut hanya bisa dijalankan pada perangkat MacBook yang juga dibuat oleh Apple.

iOS sebenarnya juga dikembangkan dari UNIX, sebuah kernel yang juga menjadi dasar terbuatnya Linux. iOS menurut sebagian orang memiliki antarmuka yang elegan. Menyesuaikan dengan desain produk-produk Apple yang memang memiliki gaya unik dan elegan.

Semua orang mengenal Apple selalu meluncurkan produknya dengan harga mahal. Termasuk MacBook itu sendiri, juga dibundling dengan sistem operasi iOS, dan dijual dengan harga yang relatif mahal.

Namun begitu, fungsi dukungan perangkat dan fungsi-fungsi umum lainnya, sama dengan Windows. Sehingga terkadang orang memandang mereka pengguna produk Apple, hanya mengejar prestise untuk memakainya, karena fungsi khususnya dari perangkat tersebut tidak ada alias sama dengan sistem operasi lainnya.

Malahan, beberapa orang menginstall Windows dengan menggunakan Virtual Machine di dalamnya iOS, agar mereka juga bisa memiliki kebebasan untuk menggunakan suatu aplikasi yang menurut pengguna, masih lebih mudah dibuka di lingkungan sistem operasi Windows

Sistem Operasi Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi yang tergolong baru, dikembangkan oleh Google dan didistribusikan dengan meluncurkan produk laptop bernama ChromeBook.

Chrome OS didesain untuk bisa bekerja secara cloud dengan mengintegrasikannya ke semua layanan cloud milik Google. Untuk keperluan kantoran, ChromeBool sudah disertai aplikasi kantor seperti Word, Spreadsheet, Power Point, Email, Kalkulator dan masih banyak lagi.

Karena sistem operasi ini masih baru, kepopulerannya kurang bisa menguasai pasar, karena sudah ada Windows, Linux dan iOS yang sudah hadir lebih lama di dunia sistem operasi komputer.

Itulah definisi dari sistem operasi dan macam-macam sistem operasi yang dipakai pengguna di seluruh dunia saat ini.

Tags: