Cara Meringankan Nyeri Sakit Kepala

jurnal firman
By -
sakit kepala

Sakit kepala adalah hal yang sangat umum terjadi pada orang dewasa. Adanya rutinitas kesibukan tentunya akan berdampak pada tingkat stress yang semakin hari bisa semakin bertambah, jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Kurangnya minum, banyaknya hal yang harus dipikirkan dan terlalu lama menggunakan smartphone bisa menjadi awal penyebab nyeri sakit kepala.

Dalam gejala ringan, biasanya kita akan mengurangi rasa nyeri di kepala dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri atau obat sakit kepala.

Cara ini terbukti efektif. Namun tentunya tidak selalu harus kita lakukan, jika gejala sakit kepala muncul lagi dalam waktu yang relatif dekat. Karena mengkonsumsi obat terus menerus dalam waktu berdekatan akan berdampak pada rusaknya fungsi ginjal.

Berkaca dari cara orang dulu mengatasi sakit kepala bisa dilakukan melalui cara-cara berikut ini:

1. Pijat Ringan

Jika gejala sakit kamu rasakan saat kerja, cobalah untuk meminta teman memijat kepala kita secara perlahan. Dengan memijat ringat, otot-otot yang tegang akan terasa lebih rileks dan perlahan, sakit kepala akan mereda dan hilang.

2. Kompress

Sakit kepala biasanya disertai gejala panas. Karenanya obat sakit kepala selalu memiliki fungsi yang juga untuk meredakan panas.

Untuk itu, kita juga bisa mengkompress kepala dengan air dingin. Letakkan kompress di area kepala yang nyeri, sambil dipijat ringan. Lakukan berulang-ulang, sampai gejala nyeri kepala berangsung ringan.

3. Oleskan Minyak Angin

Mengoleskan minyak angin di kepala, bisa juga digunakan sebagai alternatif meringankan sakit kepala. Beberapa sumber mengatakan juga bisa menggunakan minyak lavender sebagai alternatif.

Oleskan di kepala sambil dipijit-pijit ringan. Sesekali hirup aroma minyak angin atau minyak lavender tersebut berulang-ulang, hingga kepala terasa ringan.

4. Atur Pernapasan

Sakit kepala, bisa jadi karena asupan oksigen ke otak terhambat atau kurang. Kita tahu oksigen masuk ke tubuh kita melalui pernapasan, yang kemudian oksigen diikat oleh darah dan dialirkan ke seluruh tubuh termasuk otak.

Darah mengalir karena dipompa oleh jantung. Dengan mengendalikan nafas kita, ritme jantung memompa darah yang mengikat oksigen menjadi merata.

Hirup udara dalam jumlah banyak, dan hembuskan secara teratur. Perlahan-lahan pembiluh darah akan membuka dan mengalirkan darah dengan lancar, otak akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan sakit kepala perlahan menghilang.

5. Minum Minuman Hangat

Meminum minuman hangat dipercaya memberikan rileksasi pada otot dan pembuluh darah. Kita bisa mengkonsumsi air putih hangat. Lebih baik kalau menyeduhnya dengan teh. Bisa teh biasa ataupun teh herbal atau jahe.

Minum selagi hangat, sambil rilekskan pikiran. Nikmati tiap seduhnya sampai stres perlahan lepas, dan sakit kepala mereda.

Itulah cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi nyeri sakit kepala.

Baca Juga: Ini Pengobatan Herbal untuk Mengatasi Sakit Asam Lambung