Mata Kiri Kedutan, Pertanda Ini

jurnal firman
By -
mata kedutan bisa terjadi karena stres

Seringkali kita merasakan kelopak mata kiri atas kita bergerak diluar kendali kita atau biasa dikenal dengan istilah kedutan atau istilah medisnya adalah myokymia. Hal tersebut bisa disebabkan banyak hal, diantaranya adalah stres, mata lelah, alergi karena sesuatu ataupun karena setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Sedangkan kedutan mata kiri bawah pertanda mata mengalami iritasi. Penyebabnya karena mata lelah karena terlalu lama melihat layar komputer ataupun smartphone. Kurang tidur ataupun karena efek samping dari obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan mata kiri bawah mengalami kedutan.

Terkadang ketika kita mengkonsumsi alkohol ataupun kafein dalam jumlah berlebih, bisa menyebabkan ketegangan pada kelopak mata yang menyebankan kedutan terjadi terus menerus.

Jenis penyakit seperti blefaritis, abrasi kornea, mata kering, dan uveitis juga bisa menjadi penyebab mata mengalami kedutan.

Walaupun kedutan pada mata tidak memiliki reaksi rasa nyeri atau sakit pada area tertentu pada mata, namun terkadang hal ini bisa mengganggu jika tiba-tiba kelopak mata menutup dan membuka dengan sendirinya tanpa kita kontrol.

Apabila kedutan terjadi dan cukup mengganggu, kita bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Istirahatkan sejenak

Saat berkendara ataupun aktivitas berbahaya lainnya, dan kedutan terjadi cukup kuat, tentunya akan menjadi berbahaya. Karena itu kita bisa mengistirahatkan mata sejenak dengan memejamkan mata beberapa saat.

2. Mematikan layar komputer/smartphone

Kita bisa mencoba mematikan layar komputer ataupun meletakkan smartphone. Kemudian bersandar ataupun rebahan sambil memejamkan mata sejenak dan rileks.

3. Kompres mata dengan air hangat

Sambil berisitrahat, kita bisa meletakkan kompres air hangat pada kelopak mata, untuk membantu mata lebih rileks.

4. Berhenti merokok dan istirahat cukup

Apabila kita termasuk perokok, maka cobalah untuk berhenti. Dan jika kita termasuk orang yang super sibuk, tetaplah menjaga istirahat yang cukup untuk mengurangi tingkat stres yang memicu terjadinya kedutan.

5. Gunakan tetes mata untuk mengurangi mata kering

Pada kondisi tertentu dimata sering terjadi mata kering, kita bisa menggunakan cairan pengganti air mata (artificial tears) yang kita teteskan pada mata.

Kedutan pada mata bisa kita alami beberapa saat dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberap waktu kemudian. Namun bisa jadi pada kasus tertentu akan muncul kembali di waktu lain.

Baca Juga: