Pengertian USDT? Aset Kripto yang Paling Banyak Diperjualbelikan

jurnal firman
By -
USDT Image

Apa itu USDT?

USDT atau Tether merupakan kripto yang berbasis blockchain. USDT merupakan stablecoin yang menggunakan mata uang tradisional sebagai aset yang mendasarinya. Aset tradisional tersebut yaitu Dollar AS.

Tujuan dari kripto ini adalah untuk menjaga valuasi dari mata uang kripto agar tetap stabil

USDT adalah mata uang yang dirancang khusus sebagai perantara antara mata uang tradisional dan mata uang kripto.

Kripto ini juga menawarkan transparansi, stabilitas dan biaya transaksi yang minimal kepada pengguna.

Nilai dari USDT didasarkan kepada USD yang artinya 1 USDT setara dengan 1 USD. Namun meski begitu USDT tidak dapat ditukar dengan dollar AS.

Asal usul USDT

Berawal pada Januari 2014 saat publikasi whitepaper. JR Willet memikirkan untuk membuat mata uang baru berdasarkan Bitcoin.

Ia menjelaskan idenya itu bersama Omni Foundation yang sebelumnya bernama Mastercoin Foundation.

Omni Foundation akan menjadi fondasi teknologi bagi kripto USDT. Dimana, beberapa anggota Omni Foundation dikreditkan sebagai pendiri USDT.

Nama awalnya sebelum menjadi USDT adalah "Realcoin". Diumumkan 2014 oleh pendirinya sebagai startup yang berbasis di Santa Monica. USDT pertama dikeluarkan di blockchain pada 6 Oktober 2014.

Pada 20 Noverber 2014 namanya berubah menjadi "Tether".

Perdagangan USDT dimulai pada 25 Februari 2015, hingga Desember 2016, Tether meluncurkan 6 juta USDT.

Juni 2017 Tether mengumumkan bahwa ia akan meluncurkan Omni Litecoin. Kemudian September 2017. mereka juga mengumumkan bahwa akan meluncurkan token ERC-20 tambahan.

Pada 15 September 2017. Tether memiliki cadangan USD sebesar $443 juta. Hal ini dilaporkan secara resmi oleh Friedman LLP. Sayangnya pada November di tahun yang sama 31 juta Tether di transfer ke alamat Bitcoin yang tidak valid.

Singkatnya, pada Januari 2020 USDT mengatakan bahwa 'didukung penuh', USDT menambahkan 900 juta token yang hampir 22% dari total pasokan.

Apa perbedaan USD dan USDT?

Perbedaan utama antara USD dan USDT terletak pada regulasi dan kebijakannya. USD diatur Federal Reserve di Amerika Serikat sedangkan USDT adalah kripto yang dibuat oleh Tether Company Limited.

Bagaimana cara membeli USDT?

Sama seperti membeli kripto lain pada umumnya. Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi terpercaya.

Itulah kira-kira hal tentang USDT sebagai stablecoin yang banyak diperdagangkan.

Baca Juga: Lazada PayLater, Layanan Bermata Dua
Tags: